Rabu, 04 November 2009

Cara Mengoperasikan Radio Detection And Ranging (RADAR)

Sebuah pemancar radar kapal maupun di darat akan menghasilkan pulsa-pulsa pendek dari gelombang-gelombang radio, melalui scenner Radar pancaran pulsa-pulsa tersebut diarahkan pada area dan obyek yang berada disekeliling kapal.
Jika salah satu gelombang radio dari pulsa-pulsa ini mengenai suatu target misalnya sebuah kapal lain, termasuk dikembalikan kearah kapal yang memancarkan pulsa gelombang radio tersebut.
Pulsa yang dikembalikan diterima oleh sntenne radar, kemudian diproses di dalam sebuah C.R.T (Cathode Ray Tube) dari kapal pengirim. waktu yang diperlikan antara pemancaran dan penerimaan kembali diperhitungkan dengan teliti untuk menentukan jarak target.
Keuntungan pesawat radar dibandingkan dengan pesawat navigasi elektronik yang lain, tidak perlu bekerja sama dengan stasiun Radio Pantai.
Penggunaan pesawat Radar pada prinsipnya adalah untuk :
1. Alat penentu posisi (position fixing)
2. Alat pencegah tubrukan (anti collusion)
3. Bernavigasi dialur pelayaran (piloting)
4. Peringatan terhadap keadaan cuaca (wather warning)
Gambar standar Radar Display 




Pesawat Radar terdiri dari 5 bagian penting yaitu :
1.   Transmitter      :    Sebuah  oscilator  yang  menghasilkan gelombang  elektromagnet  dengan  super  High  Frequency
(SHF), biasanya 3000 sampai  10.000 MHz kadang-kadang sampai 30.000 MHz.

    2. Modulator            :    Untuk    mengatur    transmitter    dalam pengiriman  pulsa,  kira-kira  500    3000  pulsa  dipancarkan setiap   detik   tergantung   dari   skala   jarak   yang   sedang dipergunakan.

    3. Antenne               :      Suatu   Scanner   dipergunakan   untuk memancarkan  pulsa  keluar  dan  menerima  kembali  signals yang dikembalikan oleh target. Antenne harus ditempatkan cukup tinggi dan dapat berputar dengan rotation rates 15 25
RPM searah jarum jam (putaran clockwise).

Gambar Antenne Radar


4.  Receiver         :  Menerima signals  yang datangnya lemah dan dimodulasi kembali untuk muncul di dalam gambar.

5.   Indicator   :   Sebuah Cathode Ray Tube ( CRT ) berbentuk layar dan dipergunakan untuk navigasi Radar yang dinamakan PPI  ( Plan Position Indicator )
Gambar instalasi Radar 



Hal-hal yang penting dalam pesawat Radar adalah :

.   Jangkauan ( Range )
Dalam  kondisi  normal  dimana  antene  Radar  berada  pada ketinggian 50 kaki diatas permukaan air, pesawat radar dapat memberikan data yang jelas dari : Garis pantai, dan obyek- obyek dipermukaan laut.

Ketelitian jarak ( Range accuracy )
Untuk mengukur jarak suatu obyek secara teliti, pesawat radar dilengkapi dengan :   -  Fixed range rings
-  Variable range marker

Perbedaan jarak
Dalam jangkauan radar 1 mil masih dapat dibedakan

Ketelitian baringan
Semua obyek yang ada didalam layar Radar dengan cepat dapat   diambil   baringannya.   Ketrelitian   dari   pengambilan baringan sebenarnya kesalahan yang terjadi maksimum 10.


Data-data Radar dinyatakan dalam bentuk gambar pada Cathode Ray Tube ( CRT ) yang disebut juga  PPI(Plan Position Indicator ), gambar tersebut serupa dengan bagian peta dengan range yang dipasang.

Dalam cuaca baik akan sangat bermanfaat untuk menjalankan pesawat radar yang dapat terlihat jelas mengenal karakteristik suatu daerah perairan, pada waktu masuk pelabuhan atau bagian- bagian dari suatu pantai.

Dengan  demikian  berdasarkan  pengalaman  yang  ada  dalam tampak terbatas kita sudah mengenal daerah tersebut walaupun hanya tampak dalam layar radar.

Penunjukan gambar didalam layar radar serta baringan / arah yang diambil, hartus memperhatikan terlebih dahulu pengaturan kompass yang dipergunakan. Gambar  radar  dinyatakan  dengan haluan  kapal  pada  bagian  depan  layar  hal  ini  menguntungkan navigator, menjadi lebih mudah melihat apakah jalannya bebas dari daratan, buoys atau kapal-kapal.

Hal ini lebih sering dilakukan khususnya jika melayari alur sempit, sungai dan lain-lain, dimana yang lebih penting adalah bebas alur kanan  dan kiri sedangkan arah halian kapal sebenarnya dapat dibaca di kompas.

Gambar, penentuan posisi dengan radar


Suatu  contoh Radar, dimana teluk tidak nampak secara nyata pada gambar dibawah ini.




Dengan baringan dan jarak
Sebuah kapal berlayar dengan haluan sejati  0200, membaring sebuah  tanjung  A  tepat  melintang  di  lambung  kiri  kapal, dengan jarak 7 mil

Gambar  yang akan  nampak  di  Radar adalah  seperti di bawah ini 



Dengan 2 (dua) baringan dan jarak
Perlu diingat bahwa penentuan jarak dengan Radar lebih baik dari pada baringan Radar.












Dengan 3 (tiga) benda obyek yang kecil (mempergunakan jarak)
Tiga buah obyek yang kecil diukur jaraknya, mungkin akan terbentuk perpotongan busur yang kurang baik seperti tampak pada gambar dibawah ini



Dengan pengukuran jarak dari 3 obyek yang tajam
Berlayar melewati sebuah selat sempit dengan memilih obyek- obyek yang baik untuk target Radar, akan memberikan posisi yang baik pula.



Pengoperasian Pesawat Radar

Menghidupkan  pesawat  Radar  hingga  dapat  menghasilkan gambar  dengan  baik  dan  jelas  adalah  suatu  cara  dalam mengoperasikan pesawat radar. Ada beberapa symbol dari swicth  dan  control  yang  dapat  dijumpai  didalam  pesawat Radar antara lain seperti pada gambar dibawah ini.


 
Gambar, symbol dari switch dan control pada pesawat




0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com